--> Strategi Jitu untuk Meraih Untung dalam Bisnis | DirBisnis

Tutorial | Bisnis | Finance

Monday, March 4, 2019

Strategi Jitu untuk Meraih Untung dalam Bisnis

| Monday, March 4, 2019
Strategi Jitu untuk Meraih Untung dalam Bisnis
Dalam menjalankan sebuah bisnis, menyusun strategi bisnis merupakan hal penting yang perlu dilakukan sejak awal. Strategi bisnis yaitu upaya perusahaan dalam mengambil kebijakan dan pedoman yang memiliki komitmen dan tindakan yang terintegrasi serta dirancang untuk membangun keunggulan dalam persaingan bisnis untuk memenuhi dan mencapai tujuan bisnis. Dengan adanya strategi bisnis ini, perusahaan mampu menentukan arah perusahaan dengan mengidentifikasinya dari segi pasar, pesaing, pelanggan, dan lain sebagainya. Untuk mencapai keuntungan bisnis yang maksimal, berikut lima strategi bisnis yang dapat dilakukan. 

Selalu Perhatikan Kualitas

Saat ini makin banyak bisnis baru yang bermunculan dengan produk beragam. Namun, bisnis yang benar-benar memerhatikan kualitas dapat dibilang hanya sedikit. Kualitas dalam bisnis yaitu hal penting yang perlu ditingkatkan untuk menarik banyak konsumen. Perhatikan kualitas dari beberapa unsur yang kalian jual dalam bisnis tersebut. Mulai dari kualitas kemasan, kualitas rasa (jika menjual produk makanan), kualitas isi produk, kualitas bahan baku, hingga kualitas layanan yang terbaik. Kualitas yang lebih baik dari pesaing tentu akan membuat bisnis kalian selangkah lebih maju.

Harus Kenali Target Pasar

Sebelum menjual sebuah produk secara profesional, kalian harus menjadi konsumen terlebih dahulu. Dengan menjadi pemakai produk yang kalian jual, maka kalian dapat mengetahui siapa target pasar kalian dan apa yang mereka inginkan dari produk yang kalian jual tersebut. Hal ini akan membuat kalian lebih mengerti kebutuhan pasar dan apa yang diinginkan pembeli dari bisnis kalian.

Jaga Kreativitas dan Inovasi

Kreativitas dan inovasi merupakan modal penting dalam menjalankan bisnis. Itulah sebabnya, setiap pengusaha atau pelaku bisnis harus membekali diri dengan berbagai ilmu pengetahuan dan wacana lainnya sebagai sumber inspirasi. Ide kreatif dapat menjadi sumber inspirasi dalam menciptakan suatu inovasi produk tertentu sehingga akan memberikan peluang sukses yang lebih besar pada bisnis kalian. Selain itu, dengan kreativitas dan inovasi yang kalian tawarkan maka akan meningkatkan kepercayaan konsumen dan mereka tidak merasa bosan.
 
 Lakukan Promosi Efektif

Melakukan promosi yang efektif pada calon konsumen merupakan strategi yang wajib dilakukan oleh pebisnis. Saat ini, melakukan promosi sangatlah mudah, bahkan dapat dilakukan secara gratis. kalian dapat menggunakan social media atau media online lainnya untuk memperkenalkan produk dan melakukan promosi pada banyak orang yang lebih spesifik dan menyukai produk kalian. Saat melakukan promosi, sebaiknya gunakan visual yang berkualitas, serta informasi yang detail untuk menjelaskan tentang produk yang kalian jual. Lakukan promosi secara berkala, dengan begitu calon konsumen akan lebih mudah terjaring.

Buat Laporan Manajemen Bisnis

Manajemen merupakan hal yang tidak kalah penting dalam menjalankan suatu bisnis. Salah satu hal penting yang berkaitan dengan manajemen ini yaitu manajemen keuangan. Ingat, keuangan merupakan nyawa dari setiap bisnis yang kalian jalankan. Salah satu manajemen keuangan yang penting untuk dilakukan yaitu melakukan proses akuntansi secara tepat dan akurat.



Related Posts