--> Ide Bisnis Online Praktis Minim Biaya | DirBisnis

Tutorial | Bisnis | Finance

Monday, March 4, 2019

Ide Bisnis Online Praktis Minim Biaya

| Monday, March 4, 2019
Bukan hal yang mudah buat mencari ide bisnis online terbaik. Buktinya, gak sedikit yang mentok dan bingung sendiri waktu memikirkannya.

Nah, dalam artikel ini kami bakal memberikan ide bisnis online buatmu yang praktis dan minim biaya. Praktis di sini maksudnya bisa dilakukan kapan aja, termasuk besok juga setelah kalian baca artikel ini dan jika memang kalian udah siap menjalankannya.

Tertarik buat cari tahu lebih lanjut soal bisnis online terbaik yang dimaksud? Ini dia.


1. Kursus bahasa asing online


Ide Bisnis Online Praktis Minim Biaya  
Bisa bahasa Inggris, Mandarin, Prancis, Arab, Jepang, atau yang lain? Kenapa tidak manfaatkan aja kemampuanmu buat buka kursus online? Sistem belajar yang kalian berlakukan bisa seperti webinar (kursus online) atau dengan menggunakan video call.

Membuka kursus itu jelas tanpa biaya. Ya kalaupun ada paling biaya kuota Internet aja.

Buat menarik calon murid, coba bikin video di Youtube yang isinya adalah tutorial bahasa asing. Tapi ingat, tidak perlu memberikan yang lengkap.

Pada video itu kasih pengumuman seperti ini: “pengin kursus bahasa asing dengan murah? Hubungi saya via email.”

Setelah itu, kalau ada yang minat, kalian tinggal berikan informasi biaya dan atur jadwal buat jam kursusnya. Mudah kan?


2. Instruktur olahraga


Ide Bisnis Online Praktis Minim Biaya
  
Bagaimana caranya instruktur olahraga bisa masuk ke dalam bisnis online terbaik? Ya bisa dong, masa tidak bisa sih. Teknologi kan udah canggih.

Coba buka jasa personal trainer online deh. Jadi, kalian dan klienmu latihan bareng via video call. Di situ kalian bisa memantau gimana gerakan mereka, apa udah betul apa belum.

Atau bisa juga kalian adakan kelas olahraga secara virtual dengan video conference. Pasti seru tuh. Repetisi gerakan klien-klienmu juga bisa dipantau dengan baik.

Instruktur olahraga ini bidangnya macam-macam ya, tidak cuma yoga aja. Bisa juga crossfit, aeromix, dan mungkin juga zumba.


3. Guru musik


Ide Bisnis Online Praktis Minim Biaya
 
Musisi-musisi terkenal itu sering lho mengadakan kursus instrumen via webinar. Kalau kalian jago main gitar, drum, bass, atau yang lain, kenapa tidak mengikuti cara mereka?

Jangan salah, murid-muridmu bisa jadi berasal dari luar negeri lho. Itulah sebabnya profesi guru musik bisa jadi salah satu bisnis online terbaik yang bisa kalian mulai sekarang juga.


4. Kursus audio engineering


Ide Bisnis Online Praktis Minim Biaya
  
Kalau yang nomor tiga niatnya adalah jadi musisi, maka nomor empat ini ditujukan buat mereka yang pengin turun ke bisnis musik lebih dalam, termasuk jadi produser. Yap, kalian bisa buka kursus audio engineering kalau emang punya kemampuan itu.

Buat menguasai ilmu yang satu ini, seseorang haruslah menguasai apa itu sound. Telinga mereka harus peka, sama plus minus kualitas audio. Jelas ini bukan pekerjaan yang mudah.

Seorang teknisi audio harus bisa menciptakan kualitas rekaman audio yang sempurna. Kalau bisa di speaker jelek pun masih terdengar enak.


5. Jasa riset

 
Ide Bisnis Online Praktis Minim Biaya

Riset pasar adalah hal penting buat para pelaku bisnis, baik yang udah atau yang baru berencana membuka usaha. Mengingat hal ini tidak mudah dilakukan dan menyita waktu banget, tidak sedikit pengusaha yang menyerahkannya ke para penyedia jasa.

Buat kalian yang pernah jadi konsultan marketing atau bisnis, tentu paham dong sama riset, statistik, dan tetek bengeknya? tidak ada salahnya kan buat menjadikan hal ini usaha barumu?

kalian bisa mulai cari klien di situs Sribulancer. Di sana banyak lho perusahaan yang mencari jasa rist. Jangan lupa sertakan portofolio risetmu juga ya, biar tambah meyakinkan calon klien.

kalian juga bisa mempromosikan dirimu dengan cara lain, pakai Facebook dan Instagram misalnya.


6. Jualan foto hasil jepretan sendiri


Ide Bisnis Online Praktis Minim Biaya
  
Punya skill fotografi atau punya stok foto-foto lawas yang disimpan di hardisk?

Jika kalian adalah fotografer atau jago urusan foto-foto, kalian pasti bisa untung menjual foto hasil jepretan kalian di dunia digital.

Tentu keahlianmu yang satu ini bisa jadi bisnis online terbaik buat saat ini.

Banyak kok situ yang bisa bikin kalian kaya dengan cara jual foto, beberapa di antaranya adalah Shutterstock, Freepik, 500px Prime, SmugMug Pro, iStockphoto, atau Etsy.

Masing-masing situs punya ketentuan berbeda soal foto ya. kalian perlu baca dulu biar tidak salah.


7. Koki


Ide Bisnis Online Praktis Minim Biaya
  
Buat kalian yang jago masak, ide bisnis yang satu ini bisa jadi salah satu bisnis online terbaik lho!

Lah, gimana bisa chef alias koki bisa jadi bisnis online? Kan mesti di dapur?

Gini… lagi-lagi balik ke Youtube nih. Coba bikin video yang isinya resep masakan yang enak tapi gampang dibuat. Kemudian, bikin konten yang isinya informasi kalau kalian menyediakan jasa menu lain. Buat mendapatkannya klien mesti bayar.

Janjikan aja mereka video cara bikin menu makanan enak. Beritahu juga kalau kalian bisa dihubungi secara langsung kalau ada yang perlu ditanyakan.

Itulah tujuh ide bisnis online terbaik yang bisa kalian mulai kapan aja.

Ketujuh bisnis tersebut bergantung sama keahlian dan bakatmu sendiri. Ketika kalian udah bisa melakukan hal itu alias udah punya modalnya, maka besok pun bisnis udah siap dilakukan.

Kira-kira tertarik menjalankan Bisnis online terbaik yang mana nih? Share yuk ke sosial media kalian. Semoga Bermanfaat dan bisa menginspirasi.

Related Posts