--> Memulai Bisnis Online dengan Keuntungan Jangka Panjang | DirBisnis

Tutorial | Bisnis | Finance

Monday, March 4, 2019

Memulai Bisnis Online dengan Keuntungan Jangka Panjang

| Monday, March 4, 2019
Memulai Bisnis Online dengan Keuntungan Jangka Panjang
Bagi para pemula, membangun sebuah bisnis online itu pasti terasa susah karena tidak tahu harus melakukan apa dan dari mana harus memulainya. Sebetulnya ada beberapa tutorial online yang mengajarkan tentang cara memulai bisnis online tertentu. Sebaiknya kalian mengetahui dan menentukan jenis bisnis online seperti apa yang akan dijalankan karena jenis bisnis online itu sebenarnya sangat banyak dengan tingkat kesusahan yang berbeda-beda 

Selain itu, jika kalian serius ingin membangun sebuah bisnis online maka kalian juga perlu belajar membangun sikap mental yang positif. Beberapa sikap mental itu adalah:
  • Mau belajar dengan serius
  • Mau bekerja keras
  • Pantang menyerah
  • Punya mimpi yang besar dan terukur
  • Mau mengambil resiko
Nah sekarang kita akan membahas bagaimana cara memulai bisnis online yang menguntungkan dan jangka panjang. Dari beberapa jenis bisnis online di bawah ini, mungkin sesuai dengan minat dan kemampuan yang kalian miliki.

1. Membangun Blog/ Website

Menurut saya, ini adalah langkah awal paling mudah yang dapat dilakukan oleh seorang pemula untuk membangun sebuah bisnis online. Belajar membangun sebuah blog/ website dengan topik tertentu dan memberikan manfaat bagi audiens adalah sesuatu yang tidak terlalu susah. kalian dapat membuat blog yang berhubungan dengan minat/hobby dan keahlian, tentu ada banyak orang yang punya minat atau hobby yang sama dengan kalian. Mereka inilah yang nantinya menjadi audiens kalian.
Setelah blog/ website kalian memliki banyak pengunjung, kalian dapat memonetize blog itu dengan banyak cara. Beberapa cara memonetize blog kalian adalah dengan memasang iklan, misalkan menjadi publisher dan memasang iklan PPC Google Adsense, iklan produk sendiri, iklan affiliasi, menjual jasa artikel review, dan lain-lain. Jika kalian memiliki sebuah blog yang profesional, pasti akan memberikan keuntungan jangka panjang dari berbagai jenis monetize.

 

2. Membangun Toko Online

Membuat toko online sendiri sudah bukan hal yang susah lagi, dan salah satu cara termudahnya adalah membuat toko online dengan platform WordPress. Jika kalian memang punya keahlian dalam bidang web developmen tentu akan lebih mudah lagi dalam membuat toko online. Biasanya toko online digunakan untuk berjualan produk fisik dengan cara memajang produk itu di toko online kalian dan mempromosikannya di berbagai media online.
Lalu bagaimana jika kalian tidak punya produk sendiri? kalian dapat menjual produk orang lain yang memang banyak dicari di internet, yaitu dengan mengikuti program dropship dari suplier besar. Keuntungan bisnis dropship ini adalah kalian tidak perlu pusing dalam hal pengadaan barang, tidak perlu menyetok barang, tidak perlu melakukan proses packing dan pengiriman barang, dan suplier mengirim barang itu atas nama kalian sebagai pemilik toko online.

3. Menjual Produk Digital

Kalau kalian punya keahlian di bidang tertentu, maka keahlian itu dapat kalian jual dalam bentuk eBook, video, atau membership. Jenis bisnis ini potensinya luar biasa, apalagi dijaman digital saat ini, di mana orang semakin banyak yang lebih memilih membaca buku digital dibanding buku fisik.
Produk digital ini biasanya laris di komunitas-komunitas tertentu. misalkan di komunitas pebisnis online, produk seperti eBook, video, dan membership yang berhubungan dengan ilmu internet marketing pasti akan laris manis. Nah jika kalian punya keahlian dalam bidang tertentu, sebaiknya kalian menjualnya secara online.

4. Menjadi Affiliate Marketer

Ok, kalian sudah punya blog sendiri tapi belum punya produk yang ingin dijual, bagaimana cara menghasilkan uang dari blog itu? Salah satu opsinya adalah menjual produk orang lain atau bahasa kerennya affiliate marketer. Produk yang dijual dapat dalam bentuk fisik ataupun dalam bentuk digital, kalian dapat menentukan produk seperti apa yang paling relevan dengan blog kalian.
Misalkan blog/ website kalian memuat topik tentang produk produk fisik, maka bisnis affiliasi yang paling sesuai dengan blog kalian adalah menjual produk fisik. kalian dapat bergabung menjadi affiliate di situs-situs yang menawarkan program afiliasi, misalkan situs #Lazada.

5. Menjadi Penulis Artikel (Ghost Writer)

Profesi yang satu ini cukup laris di internet karena saat ini sangat banyak pemilik website yang membutuhkan penulis konten untuk situs mereka. Bukan hanya situs besar saja yang membutuhkan penulis, situs-situs yang masih merintis juga membutuhkan penulis-penulis ahli. Walaupun bisnis yang satu ini terkesan susah, cukup banyak yang sukses menjalankan profesi sebagai penulis. Jadi, buat kalian yang punya minat besar dalam menulis, manfaatkan minat dan keahlian menulis itu menjadi ladang penghasilan.

Nah, setelah membaca artikel ini, tentunya kalian sudah punya sedikit gambaran tentang bagaimana cara memulai bisnis online yang menguntungkan. Walaupun kalian masih pemula, jangan pernah takut bersaing karena akan selalu ada peluang yang dapat dimanfaatkan di bisnis online. Tentukan jenis bisnis online yang sesuai dengan kemampuan dan minat kalian, lakukan sekarang, lakukan dengan serius.

Related Posts