--> Cara Jitu Mengatur Bisnis yang Efektif | DirBisnis

Tutorial | Bisnis | Finance

Monday, March 4, 2019

Cara Jitu Mengatur Bisnis yang Efektif

| Monday, March 4, 2019
Cara Jitu Mengatur Bisnis yang Efektif

Buat kalian yang sedang menjalankan setiap bisnis atau suatu organisasi harus memiliki strategi bisnis yang baik, supaya apa yang dijalankan dapat menghasilkan lebih banyak materi dan uang dalam jangka panjang.
Selain itu, pengelolaan bisnis yang baik juga dapat membantu setiap perusahaan untuk tetap sehat walau sedang diterpa cobaan dari luar (krisis ekonomi global, misalnya).
Dalam setiap jejaring bisnis, terutama yang berkaitan dengan dunia di luar, tak ada satu pun perusahaan yang sanggup hidup sendiri. Setiap perusahaan akan selalu membutuhkan perusahaan lain dalam mata rantai jejaring perusahaan.
Karena itulah dibutuhkan suatu strategi bisnis yang bagus supaya setiap perusahaan yang dikelola mampu bertahan dari krisis eksternal, supaya efeknya tak merambat ke perusahaan lain di dalam jejaring yang sama.

Menjalankan Strategi Bisnis Tertentu

Di luar sana ada begitu banyak orang-orang yang akan selalu mencoba menjalankan bisnis baru, dan di luar sana ada banyak orang yang selalu mencoba mempertahankan bisnis yang telah dirintis. Entah ini menulis blog, atau menjalankan toko online baru, banyak orang yang akan selalu mencoba menjalankan bisnis dengan cara apapun.
Membangun bisnis berarti siap dengan strategis bisnis tertentu. Untuk permasalah tersebut berikut kami rangkum delapan tips tentang bagaimana cara kalian yang pemula untuk membangun bisnis yang baik, di antaranya adalah:

• Berpikir kritis
Ada orang yang cinta akan pikiran kritis. Apabila itu disatukan dengan fokus terhadap bidang yang sedang digeluti, maka hasilnya adalah produktivitas. Jadilah seorang pengusaha yang mendalami bidang tertentu, yang bakal dijalankan sesuai minat, dengan pikiran kritis, serta fokus terhadap tantangan yang ada di depan mata.

• Berani mengambil resiko
Mengambil resiko dengan beberapa pendekatan baru patut dilakukan, bahkan untuk perusahaan kecil sekali pun. Keberanian kalian dalam mengambil resiko pasti akan berbuah manis, terutama bila dibarengi dengan kerja keras.

• Berpikir terbuka
Setiap bisnis memiliki karakteristik tersendiri, dan tugas pengelolanya adalah untuk mengetahui karakteristik yang muncul. Mulailah untuk berpikir secara terbuka serta mengambil perspektif berbeda, guna membuat ide-ide yang muncul menjadi nyata.

• Berpikir tajam serta fokus
Keluasan seseorang dalam berpikir menjadi kunci bagi siapa pun yang ingin memulai ide bisnis tertentu. Ini membantu seseorang mencari perspektif yang berbeda dari suatu ide bisnis. Selain ituselain, lihatlah segala macam aspek dalam suatu ide bisnis dan jangan hanya melihat situasi yang enak saja. Selalu ada kepahitan dalam segala hal yang indah.

• Jadilah orang yang oportunis
Menjadi seorang oportunis bukanlah yang buruk. Artinya ia dapat melihat peluang di dalam segala hal, dan peluang merupakan hal penting dalam suatu bisnis.

• Jadilah orisinil
Selalu tanamkan ide dipikiran kalian bahwa individu adalah unik dan memiliki ide kreatif yang berbeda dengan orang lain. Seseorang harus mulai berpikir bahwa kreatifitas yang orisinil selalu lebih baik dibandingkan peniruan yang ingin tampak seperti orang lain.

• Bekerja keras
Ini bukanlah suatu rahasia yang tertutup rapat, melainkan suatu strategi penting yang mesti dilakukan siapapun yang ingin mengasah kemampuan diri.

• Jadi seseorang yang kreatif
Di dalam bisnis, pemasaran adalah segalanya. Selain itu dalam membangun bisnis yang baik juga diperlukan kreativitas untuk menciptakan sejumlah peluang bisnis tertentu. Kemampuan berpikir cerdas dan cepat, serta kreatif menjadi elemen strategi bisnis yang harus dicamkan di dalam benak banyak orang.

Strategi yang Baik Menuntut Perencanaan

Di bidang apapun, strategi menuntut perencanaan yang bagus. Di dalamnya ada banyak elemen bisnis yang terkait langsung dengan marketing, atau pemasaran. Dengan begitu akan ada beberapa macam konsep yang harus diketahui terkait dengan strategi bisnis.

• Produk
Produk yang baik dimata konsumen adalah suatu benda yang inovatif dan berguna. Selain itu, produk yang bagus juga harus mampu memenuhi kebutuhan pelanggan tertentu, sekaligus memuaskan hasrat mereka.

• Promosi
Kegiatan promosi sangat wajib dilakukan oleh kalian yang ingin menjual barang atau jasa, tujuannya untuk meningkatkan kesadaran pengguna terhadap produk yang dijual. Ini menjadi hal penting dan kunci di dalam setiap strategi bisnis.

• Lokasi
Strategi ini terkait dengan bagaimana mendistribusikan produk sekaligus memperluas pemasok serta citra yang dapat diandalkan. Promosi yang baik memudahkan pelanggan agar menggunakan produk yang diinginkan.

• Harga
Kualitas produk harus sesuai dengan harganya, dan sebaliknya, harga suatu produk harus menyesuaikan dengan kualitasnya. Pelanggan akan mencari produk lain yang sama, bila harganya ternyata lebih murah ketika dijual di toko C.

Tak ada patokan mengenai bagaimana seseorang dapat menjalankan strategi bisnis yang baik. Dan seterusnya, tak ada tips yang pasti, yang dapat mengajarkan orang agar memulai bisnis dengan strategi yang tepat. Setiap strategi bisnis apapun yang dirancang, kalian perlu memperhatikan setiap elemen penting yang termasuk kedalam daerah operasi, demografi pelanggan, jumlah pesaing, tingkat ekonomi, dan ukuran bisnis. Setiap strategi dan perencanaan bisnis bukanlah konsep yang dapat disamakan begitu saja, antara satu model bisnis dengan yang lainnya.

Kendati strategi bisnis harus disesuaikan dengan konteks serta jenis bisnis, orang harus sadar bahwa menciptakan strategi adalah sesuatu yang dapat dipelajari dengan baik.
Belajar menciptakan strategi dengan mengambil hikmah dari berbagai macam pengalaman bisnis, merupakan suatu langkah pertama yang dapat ditempuh.

Artinya, pengalaman adalah guru terbaik, dimana darinya seseorang dapat belajar agar mengambil keputusan yang baik dan dengan cara seefektif mungkin. Semoga menginspirasi ya.



Related Posts

No comments:

Post a Comment