--> Pesan Kue Tampah Sebagai Menu Terbaik Untuk Acara Spesial | DirBisnis

Tutorial | Bisnis | Finance

Wednesday, April 3, 2019

Pesan Kue Tampah Sebagai Menu Terbaik Untuk Acara Spesial

| Wednesday, April 3, 2019

Pesan Kue Tampah Sebagai Menu Terbaik Untuk Acara Spesial

Jika kalian menyukai jajanan tradisional, pasti lah kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kue tampah. Kue tampah merupakan kue yang disajikan di atas tampah dan dengan berbagai macam sajian kue yang berukuran kecil. Pada saat sekarang ini banyak sekali para pedagang maupun usaha kecil rumahan kuliner yang menerima orderan pesan kue tampah ini, dengan berbagai macam harga yang sangat bervariasi, tergantung dengan jumlah kue dan variasi kue yang kita inginkan.

Tampah merupakan sebuah alat terbuat dari anyaman belahan batang bambu yang dibelah, yang di bentuk bundar seperti piring dengan diameter yang bervariasi sesuai kebutuhan. Alat ini pada  umumnya digunakan sebagai menampi beras, yaitu membersihkan beras dari kotoran sebelum beras dicuci dan dimasak, dengan cara diayak.

Selain untuk menampi beras, tampah juga sangat berguna sekali untuk menaruh beberapa jenis jajan kue. Jajanan kue yang ditaruh di tampah inilah yang kemudian dikenal sebagai kue tampah. Pada umumnya, kue yang ditarus ke dalam tampah ini merupakan kue yang di oleh dengan cara direbus dan kue nya rata-rata didominasi dengan rasa yang manis. Kumpulan beberapa kue ini biasanya disajikan untuk acara arisan, syukuran, dan beberapa bisa juga untuk acara pernikahan.

Umumnya juga jenis kue yang disajikan di tampah adalah ukuran yang mini dan dengan jenis-jenis kue basah tradisional dengan cita rasa manis. Berikut beberapa macam kue  yang sangat sering disajikan sebagai varian dan yang sangat sering di pesan kue tampah sebagai pilihan mereka.

1.               Pastel
Pastel adalah salah satu kue tradisional yang sangat mudah ditemui di pasar tradisional atau pun di jajakan di pinggir jalan. Salah satu jajanan pasar ini bisa di temui di berbagai acara, mulai dari acara yang formal hingga acara non formal. Pastel bisa terasa gurih namun pastel juga ada yang terasa manis tergantung dari isian pastel tersebut.

2.               Lemper
Lemper adalah jajanan kuliner yang terbuat dari bahan dasar ketan. Biasanya lemper berisi dengan abon atau cincangan dari daging sapi atau ayam. Lemper dibungkus dengan daun pisang. Kuliner lemper juga sangat sering dijadikan sebagai menu yang favorit dalam snack box.

3.               Putu ayu
Putu ayu merupakan salah satu jenis jajanan kue basah yang terbuat dari campuran santan kelapa dan tepung terigu. Aroma kue putu ayu umumnya diperoleh dari daun pandan dan vanili. Kue putu ayu sendiri biasanya dibuat dengan cara dikukus.

4.               Arem-arem
Arem-arem merupakan salah satu jenis jajan kuliner yang sangat mirip sekali dengan lemper. Jajanan ini berisikan nasi atau ketan yang didalamnya berisi sayuran atau sambal goreng yang dibungkus dengan daun pisang. Arem-arem sangat populer sebagai pengganti sarapan.

5.               Risoles
Risoles sangat populer di Indonesia, risole terbagi menjadi 2 yakni risole dengan  sayuran yang bercampur irisan daging yang tumis, dan risole yang berisi dengan ragout. Untuk isian kue tampah, risoles ragout lah yang lebih banyak di pesan kue tampah untuk hidangan mereka.

6.                Getuk
Getuk merupakan salah satu kue tradisional yang terbuat dari ketela atau biasanya orang menyebutnya singkong.

7.                Pukis
Kue pukis ini termasuk salah satu jenis jajanan kue tradisional yang banyak sangat ditemukan di pasar tradisional. Kue ini memiliki tekstur yang sangat lembut. Pukis juga bisa dibuat dengan berbagai macam varian topping.

8.                Kue lapis
Kue lapis ini juga sangat sering hadir melengkapi kue tampah mini. Dengan rasanya yang manis legit membuat para tamu undangan tidak akan bisa menolak untuk mencicipi kue ini. Selain memiliki rasa yang sangat enak, kue lapis ini sangatlah unik dengan beragam macam warna yang sangat menarik.

9.                Putu mayang
Tak hanya putu ayu saja yang menjadi isian di dalam kue tampah, putu mayang juga biasanya menjadi salah satu varian kue yang ada di dalam barisan kue tampah. Dengan cita rasa kue putu mayang sendiri yang manis, dengan tambahan saus gula membuat putu mayang menjadi primadona isian kue tampah ini.



Related Posts

No comments:

Post a Comment