--> Mau Cari Yang Halal ? Ajukan Produk Perbankan Syariah | DirBisnis

Tutorial | Bisnis | Finance

Sunday, March 1, 2020

Mau Cari Yang Halal ? Ajukan Produk Perbankan Syariah

| Sunday, March 1, 2020

Mau Cari Yang Halal ? Ajukan Produk Perbankan Syariah

Di tengah-tengah kondisi ekonomi masyarakat sekarang ini yang belum stabil, ternyata pada tahun ini sektor dari perbankan syariah di Indonesia akan diprediksi dapat tumbuh menjadi lebih tinggi lagi. Bahkan masyarakat nya sudah mulai bisa melihat produk dari bank syariah ini sebagai salah satu produk keuangan yang sangat menguntungkan dan juga yang pasti sesuai dengan syariah agama islam tentunya.

Nah, apa sih yang membuat kalian jadi memilih produk dari bank syariah ini? Mungkin inilah lima dari keuntungan ini bisa menjadi salah satu bahan pembanding kalian dalam memilih produk-produk keuangan dari bank syariah yang ada di Indonesia, bukan hanya banyak syariah saja akan tetapi ini bisa juga kalian gunakan jika ingin bank konvesional.

1.      Bagi Hasil Mudharabah
Yang pertama adalah pada perbankan syariah ternyata tidak menerapkan yang namanya sistem bunga loh dalam aktivitas perbankannya. Nah sebagai ganti nya Bunga dianggap bagian dari riba dan haram dalam agama Islam. Sebagai gantinya bunga tersebut, perbankan Syariah ini menerapkan yang namanya sistem bagi hasil atau biasa disebut dengan nisbah yang menurut ajaran agama Islam yang sah untuk dilakukan.

Nah sistem bagi hasil inilah merupakan suatu yang sangat alternatif dalam pembiayaan, dimana pada sistem ini berdasarkan penetapan awal atau sesuai dengan akad yang disepakati atau ditetapkan dari awal saja. Salah satu dari akad yang ada di dalam pembiyaan syariah ini adalah dengan mudharabah atau disebut dengan menghimpun dana.
Dalam akad ini adanya kerja sama antara pihak pertama para nasabah sebagai pemilik dari dana tersebut dan kemudia pihak kedua yaitu Bank Syariah yang bertindak sebagai pengelola dana tersebut. Dari sistemnya ini adalah ada yang namanya membagi keuntungan dari usaha tersebut sesuai dengan kesepakatan yang sudah dituangkan dalam akad di awal. Dengan sistem ini pembiayaan maka masyarakat akan merasa lebih aman karena prosedurnya transparan, jujur, dan juga amanah.

2.      Dana Cair Dipergunakan Sesuai Kebutuhan
Karena bank syariah ini berpegangan pada prinsip agama islam, maka pada setiap transaksi dan juga pembiayaan yang dilakukan mka harus sesuai dengan kebutuhan yang ada berdasarkan dengan ketentuan agama. Fungsi dari dana cair pun harus disalurkan untuk kebutuhan yang baik pula. Kalian juga bisa memenuhi kebutuhan finasial kalian seperti untuk modal usaha, biaya pendidikan, memiliki rumah dan lain sebagainya. Asalkan dari tujuannya dan juga kebutuhannya jelas fungsi dari dana itu pun yang diberikan bisanya akan dimaksimalkan dengan baik.

3.      Tidak Ada Bunga Dari Cicilan
Bank konvensional menerapkan sistem bunga pada setiap produknya, besar bunga yang akan diperoleh juga sudah dijanmeskin setiap bulannya, tidak peduli apakah keuntungan yang diperoleh oleh bank itu besar ataupun kecil atau malah rugi. Berbeda dengan produk bank syariah, tidak ada sistem bunga yang diterapkan namun gantinya adalah bagi hasil dengan akad yang sudah ditentukan di awal perjanjian. Dengan sistem operasi seperti itu, maka bank syariah tidak mengenal negative spread.

Negative spread ini merupakan perbedaan dari antara suku bunga pinjaman dan juga suku bunga simpanan yang negatif sehingga akan menimbulkan kerugian bagi pihak bank konvensional. Jadi, dengan menerapkan sistem bagi hasil ini, maka pihak dari Bank Syariah akan dianggap lebih adil untuk kedua belah pihak, dimana untung dinikmati bersama dan rugi pun akan ditanggung bersama pula. Khususnya untuk kartu kredit, meski pada kartu kredit konvensional akan dibebankan oleh bunga untuk keterlambatan pembayaran tagihan. Dimana semakin lama kalian menunggak maka akan semakin banyak juga bunga yang akan dibayarkan nantinya. Berbeda sekali dengan kartu kredit syariah, meski pun kalian melakukan keterlambatan tentu akan ada denda yang dikenakan. Akan tetapi sistemnya sangat berbeda dengan kartu kredit pada umumnya. Jumlah dendanya pun ditarik dari biaya penagihan bank serta jumlah presentase tertentu dari tagihan tersebut.

Produk-Produk Bank Syariah

1.      Kartu Kredit Syariah
Produk Kartu Kredit Syariah ini sangat berbeda sekali dengan yang namanya kartu kredit pada umumnya yang menarapkan sistem bunga. Ini yang membuat kartu kredit syariah menjadi lebih nyaman. Pembayaran pun biasanya dilakukan dengan cara akad Kafalah (jaminan transaksi), Qardh (pemberian pinjaman), dan Ijarah (biaya keanggotaan atau iuran tahunan).

2.      Derposito Syariah
Produk investasi juga tersedia dari  Bank Syariah. Meski pun kalian ingin berinvestasi halal dan dijalankan sesuai ketentuan agama deposito syariah bisa menjadi pilihan tepat. Pada deposito Syariah tidak ada sistem bunga namun sistem bagi hasil (nisbah) antara nasabah dan bank. Sehingga semakin besar untung yang bank bisa, makin besar untung yang diperoleh oleh nasabah. Keuntungan dari deposito dengan akad mudharabah ini biasanya akan memakai perbandingan 60: 40 untuk para nasabah dan pihak dari bank itu sendiri.

3.      KPR Syariah
Produk KPR syariah merupakan produk kredit rumah yang teapt dipilih untuk Kalian yang tidak ingin cicilan perbulannya berubah berdasarkan kenaikan dan penurunan suku bunga. Cicilan angsuran tetap karena bersifat fixed rate. KPR syariah tidak berpengaruh dengan naik turunnya suku bunga di Bank Indonesia, karena Bank Syariah sudah mematok keuntungan untuk bank saat akad. Namun Kalian jangan sampai telat membayar karena dendanya lebih tinggi dari bank kovensional. Apakah Kalian tertarik dengan produk Bank Syariah? Temukan beragam referensi produk bank syariah. Ajukan dan bisakan hadiah menarik apabila pengajuan disetujui.


Related Posts

No comments:

Post a Comment